Cara Mengatasi Kelahiran Prematur yang Jarang Diketahui!


Tentu Anda sudah tahu, bukan, tentang kelahiran prematur? Setiap ibu ingin agar anaknya lahir pada saatnya. Namun, terkadang ada beberapa hal yang tidak bisa diprediksi sehingga mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur. Untuk itu, ada baiknya untuk mengenali kelahiran prematur agar tidak terjadi dan tidak mengalami.

Apa, sih, itu, kelahiran prematur? Dilansir dari halaman hellosehat, kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi jauh sebelum waktunya melahirkan. Kelahiran prematur juga sering disebut sebagai pernikahan dini. Kehamilan pada normalnya akan berlangsung selama 37-40 minggu. Namun, jika bayi lahir sebelum menginjak usia 37 atau pas berada di usia ke-37, maka bayi bisa dikatakan sebagai kelahiran prematur.

Cara Mengatasi Kelahiran Prematur yang Jarang Diketahui!

Lalu, bagaimana cara mengatasi kelahiran prematur? Sebelumnya, ada baiknya untuk mengetahui penyebab serta faktor penyebab terjadinya kelahiran prematur. Dilansir dari halaman alodokter, ada beberapa yang menjadi penyebab terjadinya kelahiran prematur, antara lain :

  1. Faktor kehamilan, seperti adanya kelainan atau penurunan fungsi ari-ari, adanya kelainan posisi ari-ari, ketuban pecah lebih awal, terlalu banyak cairan pada ketuban, dan pelepasan ari-ari sebelum waktunya.
  2. Faktor kesehatan ibu, antara lain mengalami stres, merokok, adanya penyalahgunaan NAPZA, pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya, adanya kelainan pada bentuk rahim, dan adanya penyakit infeksi.
  3. Faktor yang melibatkan janin, seperti adanya kelainan pada janin atau mengalami kehamilan kembar.
Bayi prematur memiliki beberapa ciri sebagai berikut. Pertama, belum bisa mengisap dan menelan dengan sempurna. Kedua, diselimuti oleh bulu halus yang tumbuh lebat pada seluruh tubuh. Ketiga, mengalami suhu tubuh yang rendah. Keempat, memiliki bentuk mata yang tidak sebulat bayi normal. Kelima, sulit untuk bernapas dikarenakan perkembangan paru yang belum sempurna.

Untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti :

  1. Menggunakan pesarium
Jika seorang ibu memiliki ukuran serviks yang pendek, maka akan disarankan untuk menggunakan pesarium agar rahim tidak turun.

  1. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin
Anda juga bisa mencegah terjadinya kelahiran prematur jika melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan, dokter juga akan dengan mudah menemukan jika terjadinya kelainan.

  1. Mengonsumsi Suplemen Kalsium
Dengan mengonsumsi suplemen kalsium maka dapat mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur.

  1. Mempertimbangkan Jarak Kehamilan
Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan mengenai jarak kehamilan. Apabila kehamilan terjadi hanya berjarak kurang dari 6 bulan dari kelahiran pertama, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur.

  1. Menjalani Diet Sehat
Sebelum hamil, jika Anda melakukan diet sehat dan makan makanan yang kaya akan sumber protein maka dapat mengurangi faktor penyebab terjadinya kelahiran prematur.

Berikut cara mengatasi kelahiran prematur. Yuk, simak ulasannya!

1.      Obat-obatan
Dokter bisa memberikan Anda berbagai obat-obatan untuk memperpanjang kehamilan dengan syarat tidak berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan dan gawat darurat. Contohnya, steroid, obat antibiotik untuk mengobati terjadinya infeksi, obat fine-mist atau IV untuk memperkuat pernapasan dan detak jantung pada bayi, dan cairan surfaktan untuk membantu paru-paru berfungsi secara matang.

2.      Melakukan Tindakan Lainnya
Tindakan lainnya yang akan dilakukan adalah dengan operasi. Hal ini berlaku apabila terjadinya komplikasi.

3.      Tindakan Medis
Ada beberapa tindakan medis yang akan dilakukan pada bayi yang lahir prematur, antara lain:

       Memberikan transfusi darah jika bayi membutuhkannya
       Menempatkan bayi di dalam inkubator yang bertujuan agar bayi tetap hangat
       Memberikan terapi sinar pada bayi yang mengalami kuning
       Memantau tanda vital pada bayi
       Memberikan cairan infus pada bayi

Nah, itu beberapa cara mengatasi kelahiran prematur. Yuk, tetap jaga kesehatan sang buah hati dari sekarang.
Share on :
 
Copyright © 2015. nokia-n900.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License